Wednesday 11 September 2013

Manfaat Belimbing Manis

Sejumlah manfaat mengkonsumsi buah belimbing untuk kesehatan tubuhManfaat Belimbing Manis. Belimbing dapat memberikan sejumlah manfaat bagi manusia baik sebagai sumber konsumsi ataupun sebagai obat. Bagian yang bisa dimanfaatkan dari tanaman belimbing manis antara lain daun, bunga, akar, dan tentunya buah belimbing.
Buah belimbing banyak dimanfaatkan sebagai sumber konsumsi ataupun obat, sebagai konsumsi, buah belimbing bisa dimakan secara langsung ketika buah matang, ataupun diolah terlebih dahulu seperti dibuat wine, jus, ataupun acar teh.
Dalam dunia kesehatan, manfaat buah belimbing antara lain :
  1. untuk mengatasi penyakit batuk pada anak-anak.
  2. Mengatasi sariawan dan gusi berdarah
  3. Mengurangi rasa sakit gigi berlubang
  4. Mengatasi jerawat dan panu
  5. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi
  6. Melindungi tubuh dari penyakit kencing manis
  7. Membantu memberikan perlindungan kepada tubuh terhadap kelumpuhan
  8. Kandungan serat pada buah dapat membantu melancarkan proses pencernaan
  9. Baik dikonsumsi ketika diet karena pectin yang terkandung didalam buah belimbing bisa membantu menghancurkan kolesterol
  10. Mengatasi radang rectum
Bunga Belimbing manis

Bunga belimbing juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat untuk mengatasi beberapa penyakit antara lain batuk, sariawan ( stomatitis),dan juga malaria.

Daun belimbing manis

Dapat dijadikan ramuan obat untuk mengatasi sakit pada perut, gondongan ( parotitis), maag, melancarkan air seni, dan sebagai obat bisul.

Akar belimbing manis

Bisa digunakan sebagai ramuan obat untuk mengatasi penyakit rhematik. Dibalik manfaat dari belimbing manis, ternyata juga ada efek samping bagi tubuh antara lain buah belimbing mengandung asam oxalat yang bisa memberikan reaksi negatif pada ginjal, sehingga bagi anda yang mempunyai masalah pada ginjal, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi buah belimbing.

Buah belimbing juga dikenal memiliki kandungan gula cukup tinggi, sehingga buah ini sebaiknya dihindari oleh mereka penderita diabetes.

No comments:

Post a Comment