Wednesday 11 September 2013

Khasiat Madu untuk kesehatan


Khasiat Madu untuk kesehatanKhasiat madu-, Semua orang pasti tahu apa yang namanya madu. Madu adalah cairan kental yang rasanya sangat manis yang berasal dari sarang  lebah karena dihasilkan lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Khasiat madu ini sudah terkenal sejak dahulu kala,madu juga sering di gunakan untuk bahan makanan dan minuman atau digunakan untuk pemanis dan perasa. Yang lebih  istimewanya lagi meskipun rasanya manis tetapi madu tidak berbahaya bagi pasien yang punya penyakit gula, malahan khasiat madu ini bisa untuk menyembuhkan penyakit diabetes karena rasa manis dari madu ini berupa fruktosa yang apabila di konsumsi bisa langsung menjadi energi tanpa hormon insulin sehingga bisa menyembuhkan penderita diabetes. Sebelum mengulas apa saja khasiat madu bagi kesehatan terlebih dahulu kita bahas kandungan nutrisi yang ada pada madu itu sendiri.
Madu adalah campuran dari gula dan senyawa lainnya.Seperti semua pemanis bergizi yang lain, madu sebagian besar mengandung gula dan hanya mengandung sedikit jumlah vitamin atau mineral. Madu juga mengandung sejumlah kecil dari beberapa senyawa dianggap berfungsi sebagai antioksidan, termasuk chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin. Komposisi spesifik dari sejumlah madu tergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah yang menghasilkan madu.
Analisa madu secara umum:
Fruktosa: 38.2%
Glukosa: 31.3%
Maltosa: 7.1%
Sukrosa: 1.3%
Air: 17.2%
Gula paling tinggi: 1.5%
Abu (analisis kimia):0.2%
Lain-lain: 3.2%
Kekentalan madu adalah sekitar 1,36 kilogram per liter. Atau sama dengan 36% lebih kental daripada air.
Khasiat madu untuk kesehatan sangat banyak dan terbukti di seluruh dunia madu ini dijadikan bahan untuk suplemen atau minuman energi lainnya. Khasiat madu untuk kesehatan di antaranya adalah:
  1. Khasiat madu sebagai sumber energi  Sangat cocok  di gunakan untuk para atlet karena madu adalah sumber energi yang sangat instan. itu karena madu mengandung karbohidrat yang bisa di serap secara cepat oleh tubuh.
  2. Khasiat madu untuk penyembuh luka Hal ini terbukti sejak zaman mesir kuno yang membuat salep yang terbuat dari madu untuk menyembuhkan luka bakar atau luka karena tusukan benda tajam. sementara di yunani madu di gunakan untuk mengobati hidung tersumbat.
  3. Khasiat madu sebagai antibiotik  Madu merupakan antibiotik yang bisa membunuh bakteri yang mematikan, hal ini karena hidrogen peroksida dalam madu merupakan antiseptik yang luar biasa.
  4. Khasiat madu untuk membunuh kuman  Kandungan gizi yang sangat luar biasa bisa membantu menyembuhkan penyakit dan antioksidan yang terkandung dalam madu mampu menbunuh kuman patogen penyebab penyakit.
  5. Khasiat madu untuk mengobati borok Sebuah uji coba yang melibatkan orang penderita penyakit diabetes dengan terapi pada borok luka diabetes tersebut dan hasilnya bisa sembuh dan penderita tidak perlu di amputasi.
  6. Khasiat madu sebagai antioksidan  Hal ini sudah terbukti dan diakui oleh ilmu kedokteran yang sudah melakukan berbagai penelitian yang membuktikan bahwa madu merupakan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.
  7. Khasiat madu untuk terapi  Bangsa Mesir dikenal paling piawai meramu obat dari bahan-bahan alami. Madu termasuk dalam 500 resep obat dari 900 resep yang diketahui. Pengobatan modern yang mengacu pada terapi kuno penggunaan madu dari Mesir puas dengan hasilnya.
  8. Khasiat madu sebagai pengganti glukosa  Selama berabad-abad madu memang dikenal sebagai bahan bakar para olahragawan ini karena madu mengandung gula yang cepat diserap oleh sistem pencernaan jadi madu adalah sumber energi instan. Hingga kini, dalam dunia olahraga madu diberikan sebelum pertandingan dan sebagai pengganti karbohidrat yang digunakan pada saat latihan.
Khasiat madu selain untuk kesehatan terkenal pula untuk kecantikan, itu terbukti dengan semakin merebaknya produk kosmetik yang menggunakan bahan dasar dari madu tetapi harganya relatif mahal sehingga banyak orang menggunakan cara alami untuk merawat kecantikan wajahnya. Ada pula yang menggunakan madu ini untuk bibirnya agar lebih merah.

Khasiat madu untuk kecantikan

Khasiat madu untuk kecantikanKhasiat madu ternyata sangat terkenal untuk kecantikan, banyak orang yang menggunakan khasiat madu ini untuk memelihara kecantikan wajah, kulit bahkan rambut. Ada yang di pake buat masker wajah, condisioner,  dan pemerah bibir. Hal itu bukan sembarang di lakukan akan  tetapi karena khasiat madu ini sudah terbukti bisa merawat kulit,wajah.dan rambut anda secara alami.
Berikut adalah khasiat madu untuk kecantikan yang perlu anda ketahui:
  1. Khasiat madu untuk melembabkan kulit-> Madu sudah terkenal bisa melembabkan kulit yang kering secara alami. caranya cukup oleskan madu pada kulit yang anda butuhkan.
  2. Khasiat madu untuk mengatasi jerawat-> Kandungan anti bakteri pada madu bisa mengatasi jerawat anda. cukup oleskan madu pada jerawat anda dan tunggu sampe 15 menit lalu bersihkan dengan air hangat.
  3. Khasiat madu  bisa menyembuhkan luka di kulit-> Infeksi pada luka dapat diminimalisir dengan madu karena madu mempunyai kandungan anti-mikroba. Esensi gula pada madu juga dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka.
  4. Khasiat madu untuk melindungi kulit-> Dari sekian banyak keuntungan yang diberikan madu, melindungi kulit adalah kemampuan utamanya. Kandungan antioksidan, anti-jamur dan anti-mikrobanya dapat menyembuhkan luka, bintik-bintik merah dan melawan infeksi kulit.
  5. Khasiat madu untuk mencegah penuaan kulit-> Madu juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Anda dapat telihat awet muda karena kandungan madu yang dapat menangkal radikal bebas.
  6. Khasiat madu untuk mencegah rambut rontok-> Orang yang mengalami kerontokan rambut atau kebotakan dapat memakai campuran minyak zaitun panas, 1 sdm madu dan 1 sdt bubuk kayu manis sebelum mandi oleskan di kepala dan diamkan selama kira-kira 5-15 menit setelah itu baru dibilas.
  7. Khasiat madu bisa melembabkan rambut-> Selain untuk kulit, madu juga bisa untuk melembabkan rambut. Campur 1/2 gelas madu dan 1/4 gelas minyak zaitun (gunakan 2 sdm minyak untuk jenis rambut normal) olesi rambut dengan campuran madu dan minyak zaitun sebentar sampai merata. Tutup rambut menggunakan tutup kepala biarkan selama 30 menit buka tutup kepala keramas rambut sampai bersih dan kering.
  8. Khasiat madu bisa membuat rambut jadi berkilau-> Untuk membuat rambut berkilau peras 1 buah jeruk nipis ambil airnya lalu campur dengan 1 sdm madu dan sedikit air hangat bilas rambut dengan shampo seperti biasa lalu tuangkan campuran tadi pada rambut keringkan rambut dengan cara biasa.

No comments:

Post a Comment