Wednesday 11 September 2013

Khasiat Buah Alpukat


Khasiat Buah Alpukat
Khasiat Buah Alpukat-, Pada abad ke 19 bangsa belanda memperkenalkan buah alpukat kepada indonesia. Buah ini berasal dari meksiko dan amerika tengah dan buah ini berasal dari bahasa Aztek yaitu ahuacatl yang memang di tempat asal buah ini terdapat suku aztek di daerah meksiko. Dari daun, buah, batang sampai kulit pohon alpukat ini ada manfaatnya. Selain rasanya enak ternyata buah ini memiliki kahsiat juga untuk kesehatan dan kecantikan. Manfaat lainnya adalah bijinya untuk pewarna pakaian, batang pohonnya bisa untuk kayu bakar, kulit pohonnya bisa untuk pewarna coklat untuk pakaian yang terbuat dari kulit, buahnya bisa untuk bahan kosmetik dan kecantikan serta daging buah alpukat  bisa untuk mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering. Daun alpukat juga bisa digunakan untuk mengobati darah tinggi, kencing batu, sakit kepala, nyeri lambung, nyeri saraf, dan menstruasi yang tidak teratur. Biji buahnya juga bisa untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis.
Zat dan kandungan yang terdapat dalam buah alpukat:
Buah alpukat ini mengandung nutrisi yang sangat tinggi, setidaknya memiliki 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat bagi tubuh kita. Selain itu juga buah alpukat mengandung lemak yang cukup tinggi tetapi anda tidak perlu khawatir  karena lemak ini merupakan lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh seperti lemak yang terkandung dalam minyak zaitun. Lemak ini juga suka digunakan untuk bahan sabun dan kosmetik. Berikut ini adalah kandungan lengkap dalam buah alpukat:
  1. Vit A dan Vit E
  2. Kalium dan potasium
  3. Lemak tak jenuh
  4. Asam oleat
  5. Vitamin B6
  6. Zat besi
  7. Mineral mangan dan seng

Apa saja manfaat dan khasiat buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan?

  1. Khasiat buah alpukat untuk memelihara jantung ->  Tingkat homocysteine yang tinggi bisa menaikkan resiko serangan jantung, dan kandungan B6 dan asam folat dalam buah alpukat bisa mengatur kadar homocysteine tersebut, selain itu juga kandungan Glutathione, vitamin E dan lemak tak jenuh membantu memelihara kesehatan tubuh.
  2. Khasiat buah alpukat untuk menurunkan kolesterol-> Senyawa beta-sitosterol yang terkandung dalam buah alpukat ini terbukti efektif mengurangi kadar kolesterol dalam darah.
  3. Khasiat buah alpukat untuk mengendalikan tekanan darah-> Buah alpukat bisa mengendalikan tekanan darah karena buah ini merupakan sumber kalium.
  4. Khasiat buah alpukat sebagai anti-inflamasi-> Resiko inflamasi dan degeneratif akan berkurang dengan mengkonsumsi buah alpukat karena mengandung senyawa polyphenols dan flavonoids yang berfungsi sebagai anti-inflamasi.
  5. Khasiat buah alpukat untuk kesehatan mata-> Buah alpukat juga merupakan sumber dari carotenoid insulin  yang terkenal melindungi dari macular degeneration dan katarak.
  6. Khasiat buah alpikat untuk mengatur kadar gula darah-> Lemak tak jenuh yang ada dalam buah alpukat mampu membalikan resistensi insulin yang memebantu mengatur kadar gula dalam darah. Selain itu juga buah alpukat kaya akan serat larut yang menjaga kadar gula darah tetap stabil.
  7. Khasiat buah alpukat bisa mencegah cacat lahir-> Tingginya jumlah folat yang mencapai 23% jumlah harian folat dari secangkir alpukat sangat penting  untuk pencegahan cacat lahir sperti kerusakan saraf.
  8. Khasiat buah alpukat untuk stroke-> Hal ini karena tingginya folat dalam buah alpukat yang mampu mengurangi resiko terkena stroke.
  9. Khasiat buah alpukat untuk kanker-> Menurut penelitian,buah alpukat ini bisa menghambat sel kanker prostat. selain itu juga asam oleat yang terkandung dalam buah alpukat bisa mencegah kanker payudara.
  10. Khasiat buah alpukat untuk melawan radikal bebas-> Anti-oksidan jenis glutation yang terkandung dalam buah alpukat mampu menahan radikal bebas dalam tubuh.
  11. Khasiat buah alpukat untuk mencegah penuaan dini-> Hal ini karena anti-oksidan dalam buah alpukat mampu menjaga kekebalan tubuh, memeperlambat penuaan, dan mendorong sistem saraf yang sehat.
  12. Khasiat bauh alpukat untuk bau mulut-> Buah alpukat merupakan pencuci mulut alami yang baik dan bisa membersihkan usus yang merupakan penyebab bau mulut.
  13. Khasiat buah alpukat untuk meningkatkan gizi-> Sebuah studi menunjukkan bahwa, ketika makan salad termasuk alpukat, makanan tersebut menyerap lima kali jumlah carotenoids (kelompok nutrisi yang mencakup beta carotene dan lycopene) daripada mereka yang tidak memakan alpukat.
  14. Khasiat buah alpukat untuk perawatan kulit-> Serat dalam buah alpukat ini mampu menjaga kulit dari iritasi dan membuat kulit menjadi lebih bersinar, makanya banyak produk kosmetik yang menggunakan buah alpukat.
  15. Khasiat buah alpukat untuk berat badan-> Biasanya buah-buahan mengandung 60-80 kalori per 100 gram tetapi buah alpukat memiliki 200 kalori sehingga sangat baik bagi orang yang ingin menambah berat badan.

No comments:

Post a Comment